Home » » Mesin Jahit Engkol-Seidel & Naumann

Mesin Jahit Engkol-Seidel & Naumann

Written By Rumah Antik on Kamis, November 21 | 10.06


Bruno Naumann adalah seorang insinyur terampil dan terlatih asal jerman, Bruno mendirikan perusahaan sendiri sekitar 1868 di Dresden Jerman ,dengan modal yang pas pasan. Awalnya,perusahaannya yang kecil hanya berkonsentrasi pada perbaikan mekanik dan manufaktur tapi Bruno melihat potensi besar dalam mesin jahit .

Meskipun perusahaannya agak terlambat masuk ke dalam industry mesin jahit,tapi Naumann meyakini bahwa peluang bisnis manufaktur sangatlah menjanjikan,dan pada tahun 1869 Naumann bergabung dengan Emil Seidel yang menjadi investor dan mitra dalam bisnis mesin jahit,namun sayang kerjasama naumann dengan emil seidel tidak bertahan lama.

Emil Seidel memutuskan untuk mengambil kembali investasinya bersama Naumann. Pada tahun 1876 Naumann harus memulai kembali bisnisnya tanpa bantuan dari emil seidel,meski pada (plat) logo produk mesin jahitnya masih tercantum nama Seidel&Naumann,ini berlangsung dari tahun 1870. Dan kondisi ini dimanfaatkan oleh Perusahaan mesin jahit Singer,yang sama sama memiliki logo “S” untuk meningkatkan penjualannya,padahal tentu saja logo “S” singer bukanlah untuk Seidel&Naumann,dan hal ini cukup membuat Naumann terpukul karena selama 6 tahun nama Seidel&Nauman tercantum pada produk mesin jahitnya.

Akhirnya Naumann memutuskan untuk melepaskan nama Seidel dan memakai namanya sendiri untuk mesin jahitnnya meski dengan perjalanan yang cukup berat,akhirnya Nauman berhasil merebut pasarnya kembali dan menjadi pesaing ketat mesin jahit Singer.




Semua yang antik/vintage/unik ada disini
Kunjungi 'Rumah Antik' Jl. Cilenggang 1 No. 53 /BSD SERPONG /Tangerang Selatan.
gmail : rumahantik53@gmail.com
Phone : 082126128671
Pin BB : 22A2BBA2
Facebook : Rumah Antik
Twitter : @Rumahantik53






0 komentar:

Posting Komentar